• Arsip

  • http://picasion.com/
  • Terjemahkan ke dalam Bahasa:

  • Januari 2016
    S S R K J S M
    « Des   Jun »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031

Peringatan Maulid Nabi: Meneladani Tingkah Laku Rasulullah

Bukti mencintai Nabi Muhammad SAW harus diiwujudkan dengan meneladani tindakan terpuji Rasulullah selama beliau hidup. Tidak cukup diucapkan dengan lisan tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian inti dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh DKM Masjid Al Ikhlas pada Minggu, 10 Januari 2016 di aula masjid Al Ikhlas, Kebonduren, Kalimulya, Depok, Jawa Barat. Peringatan tersebut menghadirkan pembicara utama KH Mamur Murod dari Cimanggis, Depok.

Dalam sambutannya, Ketua DKM Masjid Al Ikhlas, Ustadz Nizar Salim, mengatakan peringatan tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh jamaah agar senantiasa meneladani tindakan Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, KH Mamur Murod mengingatkan bahwa di Indonesia terdapat 3 jenis muslim yakni Islam Abangan, Islam Intelektual, dan Islam Ortodoks. “Islam Abangan paling heboh kalau lebaran. Sholat kagak, puasa kagak. Tapi giliran lebaran, paling sibuk berbelanja,” ujarnya yang disambut ketawa seluruh jamaah.

Islam Intelektual adalah umat Islam yang mengandalkan pikiran dalam menelaah sesuatu. Padahal, tak semua hal bisa dinalar. Apalagi yang berhubungan dengan ketaqwaan. Dia mencontohkan, air mani adalah sesuatu yang tak najis, sementara air kencil najis. Tetapi, dalam ajaran Islam, seseorang yang mengeluarkan air mani harus mandi besar, sementara mereka yang kencing, tak wajib mandi besar.

“Kalau dinalar, mereka yang kencing harusnya mandi besar karena kencing adalah najis,” jelasnya. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Allah tidak memerintah umatnya untuk mandi besar setelah kencing. Bayangkan, berapa kali dalam sehari kita harus mandi kalau mesti mandi sehabis kencing.

Acara ditutup dengan makan bersama. Jamaah masjid sudah menyediakan paros untuk bersantap seluruh jamaah. Berikut foto-foto peringatan maulid. Foto selengkapnya bisa dilihat di album foto https://www.flickr.com/photos/masjidalikhlas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: