Hidupkah Sunnah, Jalin Ukhuwah dan Ahlakul Karimah

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami Al Ikhlas, Kebonduren, Kelurahan Kalimulya, Kota Depok, Jawa Barat kembali menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhamammad SAW pada Minggu, 22 Desember 2019. Penceramah pada peringatan ini adalah Ustadz Abu Musa Attijani dan Ustadz M Tantowi MA.

Acara peringatan diawali dengan penampilan tim marawis jamaah putri Masjid Al Ikhlas, pembacaan doa ahli kubur oleh Ustadz Enjang Hermawan dan pembacaan Maulid Nabi dari Pondok Pesantren Darul Hidayah.

Dalam ceramahnya, Ust Abu Musa yang tampil trendy dengan surban dan gamis mengatakan bahwa umat Islam saat ini harus kembali meneladani nabi dan para pendahulunya yang selalu curhat kepada Allah. Setiap menemui masalah mereka membaca Alquran di masjid dan mengadu kepada Allah.

“Anak muda sekarang, kalau putus dengan pacar mengadu di bawah pohon beringin sambil menyanyi, ‘Lumpuhkanlah ingatanku, Hapuskan tentang dia, Hapuskan memoriku Tentangnya, Hilangkanlah ingatanku, Jika itu tentang dia, Ku ingin ku lupakannya,” ujar Ust Abu yang disambut tawa hadirin. Jamaah banyak mengenal lagu Geisha yang berjudul Lumpiuhkan Ingatanku ini karena lagu tersebut sangat populer di masanya.

Selain itu, ia mengingatkan agar jamaah tegas memisahkan mana yang hak dan mana yang batil. “Jangan STMJ, khususnya anak-anak muda ini,” ujarnya sambil menunjuk anak-anak muda yang hadir di masjid. STMJ yang dimaksud adalah Sholat Terus Maksiat Jalan. Rajin menjalankan ibadah sholat tetapi tetap melakukan tindak yang dilarang oleh agama.

Untuk memakmurkan masjid, ia mengingatkan agar masjid diramaikan oleh remaja dan anak-anak. “Saya mengingatkan khususnya kepada DKM, kalau ada anak-anak kecil bercanda di masjid jangan dimarahi. Mereka yang akan meramaikan masjid kelak jika kita sudah tidak ada,” katanya. Kalau masjid hanya diisi oleh orangtua-orangtua, itu tandanya tinggal menunggu kehancuran karena tidak ada regenarasi.

Terkait dengan peringatan Ust Abu Musa soal regenerasi, Alhamdulillah pada perayaan Maulid Nabi tahun ini yang menjadi panitia adalah Karang Taruna RW 08 yang belum lama dibentuk. Segala hal diurus oleh mereka. Termasuk ketua panitia yang dipegang oleh Achmad Agassy. Hanya saja peringatan yang mengatakan DKM diisi oleh aki-aki, memang masih menjadi kenyataan. Mudah-mudahan bisa terjadi regenerasi sehingga lebih banyak anak muda yang menjadi pengurus DKM.

Selain dihadiri oleh jemaah Majsid Jami Al Ikhlas dan tokoh masyarakat, acara ini juga dihadiri Lurah Kalimulya Nandang Juhana S Sos dan Sekeretaris Kecamatan Cilodong Nana Sumarna, S.Sos.

Untuk video peringatan Maulid Nabi bisa dilihat di official channel YouTube Masjid Jami Al Ikhlas https://www.youtube.com/channel/UCa_rrB4PXqy5fNIllzpufCg.

Foto-foto silakan lihat di bawah ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: