Inilah Cara Mua’adz Meng-Islamkan Ayahnya

Amru Ibnu Jamuh adalah seorang yang terpandang di kota Madinah yang juga pemuka di Bani Salamah. Ia memiliki empat orang putra, salah satunya Mu’adz yang sudah masuk Islam mendahului ayahnya. Sebagaimana umumnya, Amru pun memiliki patung sesembahan di rumahnya yang diberi nama Manaf.

Putranya Mu’adz merupakan salah seorang yang gigih dan setia dalam dakwah Islam. Ia memiliki seorang sahabat yang bernama sama yaitu Mu’adz ibnu Jabal. Keusilan dua Mu’adz bermula dari sepakatnya mereka menjadikan patung Manaf sebagai mainan. Suatu malam mereka jatuhkan patung itu ke dalam lubang tempat orang-orang membuang kotoran.

Esok hari Amru ibnu Jamuh marah besar namun ia tak bisa menemukan siapa pelakunya. Dia lantas membersihkan Manaf dan memberinya wewangian.

Malam berikutnya dua Mu’adz berulah lagi. Paginya sang ayah murka lagi, namun tetap tak bisa membuktikan seorang pun sebagai pelaku. Hal ini terus terjadi hingga suatu malam Amru meletakkan sebilah pedang pada patung Manaf sebagai bekal si patung melindungi diri ketika ada yang mencelakakannya.

Esok hari Amru kembali melihat Manaf di lubang yang sama seperti hari-hari sebelumnya. Bahkan posisinya lebih mengenaskan karena bersama bangkai anjing yang diikatkan pada tubuh Manaf.

Beberapa pemuka Madinah yang melihat kemarahan Amru mendekatinya untuk menenangkan. Mereka lantas menceritakan tentang keluhuran budi Muhammad serta agama yang dibawanya. Tak butuh waktu lama bagi Amru untuk menimbang agama yang diceritakan sebagai pemberi cahaya kehidupan yang menghidupkan ruh itu.

Amru ibnu Jamuh lantas membersihkan diri dengan tak lupa memakai wewangian untuk menemui Muhammad SAW demi menyatakan masuk Islam.

Kisah tersebut diceritakan oleh Ust Uzeir, LC dalam kajian Sabtu malam, 11 Januari 2020 di Masjid Jami Al Ikhlas, Kebonduren, Kalimulya, Depok, Jawa Barat. Video ceramah bisa dilihat melalui channel YouTube https://youtu.be/PbW79EE1Sds

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: