Keutamaan Dzikir Setelah Sholat

Pembicara pada kajian Sabtu, 18 Januari 2020 di Masjid Jami Al Ikhlas, Kebonduren, Kalimulya, Depok, Jawa Barat adalah Ustadz Dr. Agus Suprayogi membahas mengenai dzikir setelah Sholat serta keutamaan Al Fatihah. Dzikir akan menguatkan seorang muslim dalam ibadah, hati akan terasa tenang dan mudah mendapatkan pertolongan Allah. Dzikir setelah sholat adalah di antara dzikir yang mesti kita amalkan. Seusai shalat tidak langsung bubar, namun hendaknya kita merutinkan beristighfar dan bacaan dzikir lainnya.

Sementara itu ada banyak rahasia dan keistimewaan surah al-Fatihah, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw;   الفاتحة لما قرئت له (jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut). Dan hal ini tentu saja sudah masyhur dalam tradisi umat Islam, khususnya di kalangan kelompok Aswaja dan para pengikut tasawuf.

Bahkan Muhyidin Ibnu Arabi, yang terkenal dengan julukan Syeikhul Akbar (sufi agung) dalam kitabnya “al-Qoddasa Allahu wa Sirrahu” mengatakan “barang siapa yang punya maksud, maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis salat Maghrib dan sunnahnya, kemudian setelah itu ajukanlah permohonan kepada Allah Swt tentang apa yang kita inginkan.”

Keistimewaan lain dari surah al-Fatihah, yang tidak ada di dalam surah-surah lainnya dalam Alquran, adalah al-Fatihah menjadi syarat sah dan tidak sahnya salat seseorang. Karena surah al-Fatihah adalah rukun dari salat, jadi tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Sebagaimana hadis yang diriwatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim.

Selain itu, dalam kitab at-Tib an-Nabawi, dijelaskan juga tentang keistimewaan surah al-Fatihah. Dimana bacaan Al-Fatihah menjadi perantara dalam menyembuhkan penyakit seseorang, dengan ditambah oleh obat-obatan herbal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah saw untuk mengobati dirinya sendiri atau orang lain.

Dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik ibu Umair mengatakan, “ الكتاب شفاء من كل داءفاتحة   “surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah al-Fatihah.

Ingin tahu keistimewaan lainnya? Silakan subcribe dan like akun YouTube Masjid Jami Al-Ikhlas

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: