Pernah Kena Musibah? Ini Hikmah Dibaliknya!


Setiap orang pasti pernah mengalami musibah. Musibah pun bisa bermacam-macam. Ada skala kecil, nasional hingga internasional. Seperti wabah coronavirus alias Covid-19 yang menyerang di banyak negara, termasuk Indonesia.

Kenapa sih Allah SWT mesti menurunkan musibah kepada manusia. Demikian samarnya maksud terjadinya musibah yang menimpa manusia hingga membutuhkan renungan yang lama dan pandangan yang saksama. Meskipun demikian, terkadang manusia tidak memahami apa yang terjadi. Terkadang, ada yang memahami sebagian kecilnya dan ada yang dimudahkan memahami sebagian besarnya.

Kita wajib memahami bahwa Allah SWT memiliki banyak hikmah dalam pengaturan makhluk-Nya yang tersamarkan dari pemahaman kebanyakan para ulama, lebih-lebih orang awam. Dia memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Manusia juga memiliki hikmah, tetapi sesuai dengan sedikitnya ilmu mereka.

Pada Sabtu, 7 Maret 2020 bakda shubuh, di Masjid Jami Al Ikhlas Kebonduren, Kalimulya, Depok, Jawa Barat diselemnggarakan kajian mengenai hikmah di balik musibah dengan pembicara Ust. Nizar Salim, S Pd.

Dalam kajian itu, disebutkan bahwa sejumlah hikmah di balik musibah adalah sebagai peringatan dan sebagai hukuman. Mengenai ayat dan hadist yang mebicarakan hikmah di balik musibah, bisa didengarkan melalui channel YouTube Masjid Jami Al Ikhlas.

Mari dengarkan bersama kajian tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: